Senin, 09 Oktober 2017

Tugas Ekonomi Koperasi 1

Tugas softskil
SOAL :
1.Masih Relevankah Koperasi Saat ini?
JAWAB :
Sebelum menjawab pertanyaan di atas kita harus tahu apa itu pengertian koperasi dan tujuan dibuatnya koperasi serta kelebian serta kekurangan koperasi,sehingga kita bisa menilai masih relevan atau tidak koperasi saat ini,berikut sejarah singkat tentang koperasi beserta pengertian dan tujuannya :
-Sejarah Singkat
Sejarah koperasi pada awalnya dimulai pada abad ke-20 . Pada umumnya sejarah koperasi dimulai dari hasil usaha kecil yang spontan dan dilakukan oleh rakyat kecil. Kemampuan ekonomi yang rendah mendorong para usaha kecil untuk terlepas dari penderitaan .Secara spontan mereka ingin merubah hidupnya.
Di Indonesia  ide - ide perkoperasian diperkenalkan oleh, R. Aria Wiraatmadja yang pada tahun 1896 yang mendirikan sebuah Bank untuk para Pegawai Negeri. Karena semangat yang tinggi perkoperasian pun selanjutnya diteruskan oleh De Wolffvan Westerrode.
Pada tahun 1908, Dr. Sutomo mendirikan Budi Utomo . Dr Sutomo sangat memiliki peranan bagi garakan koperasi untuk memperbaiki dan mensejahtrakan kehidupan rakyat.
Pada tahun 1915 dibuat peraturan-peraturan Verordening op de Cooperatieve Vereeniging dan pada tahun 1927 Regeling Inlandschhe Cooperatiev.
Pada tahun 1927 dibentuklah Serikat Dagang Islam. Dengan tujuan untuk memperjuangkan kedudukan ekonomi para pengusah-pengusaha pribumi. pada tahun 1929 berdiri Partai Nasional Indonesia yang memberikan dan memperjuangkan semangat untuk penyebaran koperasi di Indonesia.
Pada tahun 1942 negara Jepang menduduki Indonesia.Lalu jepang mendirikan koperasi yang diberi nama koperasi kumiyai.
Setelah bangsa Indonesia merdeka tanggal 12 Juli 1947. Gerakan koperasi di Indonesia mengadakan Kongres Koperasi pertama kalinya di Tasikmalaya.Hari itukemudian ditetapkanlah sebagai Hari Koperasi Indonesia.
Kongres Koperasi pertama menghasilkan beberapa keputusan               :
                        1.            Mendirikan sentral Organisasi Koperasi Rakyat Indonesia [SOKRI]
                        2.            Menetapkan gotong royong sebagai asas koperasi
                        3.            Menetapkan pada tanggal 12 Juli sebagai hari Koperasi
Pada tanggal 12 Juli 1953, mengadakan kembali Kongres Koperasi yang ke-2 di Bandung. Kongres koperasi ke -2 mengambil putusan :
1.    Membentuk Dewan Koperasi Indonesia [ Dekopin ]sebagai pengganti SOKRI
2.    Menetapkan pendidikan koperasi sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah
3     Mengangkat Moh. Hatta sebagai Bapak Koperasi Indonesia
4.    Segera akan dibuat undang-undang koperasi yang baru



-Pengertian Koperasi
Koperasi adalah badan usaha yang mengorganisir pemanfaatan dan pendayagunaan sumber daya ekonomi para anggotanya atas dasar prinsip-prinsip Koperasi dan kaidah usaha ekonomi untuk meningkatkan taraf hidup anggota pada khususnya dan masyarakat daerah kerja pada umumnya, dengan demikian koperasi merupakan gerakan ekonomi rakyat dan koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.

-Tujuan Koperasi
Tujuan utama Koperasi Indonesia adalah mengembangkan kesejahteraan anggota, pada khususnya, dan masyarakat pada umumnya. Koperasi Indonesia adalah perkumpulan orang-orang, bukan perkumpulan modal sehingga laba bukan merupakan ukuran utama kesejahteraan anggota. Manfaat yang diterima anggota lebih diutamakan daripada laba. Meskipun demikian harus diusahakan agar koperasi tidak menderita rugi. Tujuan ini dicapai dengan karya dan jasa yang disumbangkan pada masing-masing anggota. Selain itu tujuan utama lainnya adalah mewujudkan masyarakat adil makmur material dan spiritual berdasarkan Pancasila dan Undang – Undang Dasar 1945.

-Kekurangan Koperasi
  1. Keterbatasan dibidang permodalan. Bagi koperasi yang baru saja berdiri mungkin akan mengalami sedikit kesulitan modal untuk dapat berkembang.
  2. Daya saing lemah. Jika dibandingkan dengan badan usaha besar lainnyalainnya koperasi bisa dikatakan kalah bersaing dengan mereka.
  3. Rendahnya kesadaran berkoperasi pada anggota. Tidak semua anggota koperasi memiliki kesadaran penuh dalam berkoperasi, seperti tidak menyetorkan Iuran wajib terhadap koperasi.
  4. Kemampuan tenaga professional dalam pengelolaan koperasi. Sumber Daya Manusia yang tersedia terkadang kurang memiliki keahlian sehingga menyebabkan  Kurangnya kerja sama antara pengurus, pengawas dan anggotanya dan masalah lainnya

-Kelebihan Koperasi
  1. Prinsip pengelolaan bertujuan memupuk laba untuk kepentingan anggota. Misalnya koperasi pertanian mendirikan pabik pengilingan padi. Maksudnya adalah laba/Sisa hasil Usaha yang dihasilkan oleh koperasi akan dibagi kepada anggota.
  2. Anggota koperasi berperan sebagai konsumen dan produsen. Agar koperasi berjalan, anggotanya harus berperan ganda, anggota harus aktif dalam menyimpan dana koperasi, dan melakukan pinjaman kepada koperasi.
  3. Dasar sukarela, orang terhimpun dalam koperasi atau masuk menjadi anggota dengan dasar sukarela.Maksudnya adalah seseorang yang akan menjadi anggota koperasi atau yang ingin atau yang sudah menjadi anggota, bukan karena terpaksa, melainkan keinginanya sendiri untuk memperbaiki hidupnya.
  4. Mengutamakan kepentingan Anggota. Maksudnya didalam koperasi menitikberatkan untuk kepentingan anggota buka individu. karena tanpa anggota, koperasi tidak akan berjalan.




Jawaban soal nomer 1 :
     Seperti data yang saya tuliskan diatas bahwa sebenarnya koperasi masih relevan karena pada dasarnya koperasi adalah suatu organisasi yang membantu usaha kecil masyarakat yang ikut dalam keaangotaan koperasi,seandainya usaha masyarakat meningkat bahkan sampai bisa dikirim ke luar negeri secara tidak langsung mempengaruhi pendapatan negara.Cuma dalam pengelolaan koperasi itu sendiri yang masih sangat jauh dari harapan,sehingga saat ini koperasi hanya terdengar namanya,dan mungkin generasi dibawah saya hanya pernah “mendengar” tanpa pernah tahu seperti apa koperasi itu sendiri.Jadi jika kita bisa memperbaik sistem kerja pada koperasi serta mengerjakan ‘PR” yang masih belum tuntas pasti koperasi bisa bangkit,bila koperasi bangkit bisa dipastikan kesejahteraan rakyat pasti akan sangat terbantu karna pada dasarnya koperasi dibuat untuk membantu kesejahteraan masyarakat yang menjadi anggota koperasi.Dan juga karya dan jasa semua anggota dalam koperasi harus ditingkatkan sehingga koperasi itu sendiri dapat berkembang serta prinsip gerakan ekonomi rakyat juga harus dijalankan dengan benar dan tepat sasaran
Dan asas gotong royong harusnya dijakankan bukan hanya dijadikan pajangan,karna saat ini kebanyakan orang hanya memikirkan diri sendiri dan tidak mau mebantu sesama sehingga itulah koperasi menjadi seperti ini.Agar koperasi kembali relevan dan kembali ke masa jayanya adalah meningkatkan daya saing bila koperasi tidak mamiliki daya saing maka koperasi akan kalah saing dengan lembagi lainnya.Yang kedua kesadaran anggota koperasi,karna tidak sedikit anggota yang memiliki kesadaran dalam berkoperasi sepeti tidak membayar iuran wajib.Yang terakhir adalah kualitas SDM dalam mengelola koperasi,terkadang SDM yang mengolal koperasi tidak kompeten dalam mengurus segala hal yang menyangkut tentang koperasi itu sendiri.Bila semua sudah terpenuhi dn diperbaiki saya yakin koperasi kedepannya akan lebih baik dan masih relevan dimasa sekarang



Apabila semua yang saya kemukakan diatas masih kurang benar atau banyak kesalahan tolong di maafkan sebab saya masih belajar dan saya juga bukan seorang ahli dalam bidang trsebut.Saya hanya mengemukakan pendapat saya,bila ada koreksi dari anda yang membaca tolong sampaikan dengan baik pada kolom komentar.Saya Muchamad Zola Firmansyah mengucapkan maaf dan terikakasih

Wassalammualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar