Rabu, 21 September 2016

SS_TUGAS 1_PENGANTAR BISNIS

MEMBANGUN KARAKTER BUILDING UNTUK MENJADI WIRAUSAHAWAN YANG SUKSES


            Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas tentang karakter building untuk menjadi wirausahawan yang sukses.Seperti yang kita ketahui menjadi wirausahawan tidak lah mudah,kita harus miliki tekad yang sangat kuat,karena dalam menjadi usahawan yang sukses banyak sekali cobaan yg harus kita lalui.Karakter building bagi usahawan terutama usahawan muda sangat lah penting,apabila kita tidak mempunyai karakter building kita akan mudah menyerah dan tidak akan bisa bangkit lagi.
           Arti dari karakter building itu sendiri adalah "Pengertian Charakter Building dalam segi bahasa, Charakter Building atau membangun karakter terdiri dari 2 suku kata yaitu membangun (to build) dan karakter (character) artinya membangun yang mempunyai sifat memperbaiki, membina, mendirikan. Sedangkan karakter adalah tabiat, watak, aklak atau budi pekerti yang membedakan seserang dari yang lain. Dalam konteks pendidikan (Modul Diklat LAN RI) pengertian Membangun Karekter (character building) adalah suatu proses atau usaha yang dilakukan untuk membina, memperbaiki dan atau membentuk tabiat, watak, sifat kejiwaan, akhlak (budi pekerti), insan manusia (masyarakat) sehingga menunjukkan perangai dan tingkah laku yang baik berlandaskan nilai-nilai pancasila."
seperti arti karakter building diatas bahwa usahawan harus dapet memperbaiki dan membangun karakter untuk kemajuan usahanya,contoh bila usahanya mengalami kerugian dia harus bisa mencari apa kesalahannya dan memperbaiki serta membangun usaha baru yang lebih baik dari usaha sebelumnya.
             Saya akan memberi contoh usahawan muda yang berhasil dalam usahanya yang banyak diragukan banyak orang.Pria penuh inspirasi ini adalah Rangga Umara.Pria ini mendulang sukses dengan usahanya yang bernama "PECEL LELE LELA" dengan usia yang masih terbilang muda Rangga Umara dapat mendulang sukses.Baiklah berikut ini adalah kisahnya.
             Pada saat itu rangga umara hanyalah pegawai swasta biasa tapi saat perusahaanya itu mengalami suatu krisis teman-temannya di PHK,seketika rangga umara bahwa dirinya hanya tinggal menunggu waktu sampai di PHK seperti teman-temannya. Dia memutuskanuntuk berhenti dari tempat kerjanya,setelah berhenti dia membuka usaha warung makan yang bernama pecel lele lela.
             Pecel Lele Lela tidak dibangun dalam waktu semalam.Rangga memulainya dengan modal 3jt rupiah yang dia dapatkan dengan susah payah dari hasil menjual barang pribadi.Dia mulai membukanya pada tahun 2007 di pinggir jalan daerah Pondk Bambu, Jakarta Timur. Namun usahanya laku sehingga dia dan keluarganya dari kontrakannya.Kejadian itu tidak membuatnya menyerah dengan mencari dana keberbagai tempat,ia membuat Pecel Lela yang lebih profesional dengan sistem kerjasama setoran 1jt perbulan. Dengan konsep yang lebih modern dan menarik, ia meraup 3jt rupiah dan angkanya terus bergerak naik seiring bertambahnya cabang Pecel Lele Lela.
               Kini, pria kelahiran tahun 1979 itu telah memiliki lebih dari 42 cabang di seluruh Indonesia dan satu cabang di malaysia dengan omset yang diperkirakan mencapai Rp 4,8 Milyar per bulan 
               Dari cerita Rangga Umara di atas kita dapat mengambil contoh karakter building dari dia adalah sikap pantang menyerahnya dan kepiawaiannya dalam menumakan ide kreatif yang modern dia bisa membuat usahanya menjadi sangat sukses.Kita sebagai mahasiswa dan juga pemuda Indonesia harus bisa mengambil contoh dari seorang Rangga Umara.
              Demikian ulasan dari saya semoga bermanfaat bagi para pembaca khususnya bagi anak muda yang ingin memulai usahanya.TERIMA KASIH DAN SAMPAI JUMPA







Referensi :
  1. https://www.maxmanroe.com/rangga-umara-pengusaha-kuliner-sukses-rumah-makan-lele-lela.html
  2. https://adityaramadhanim.wordpress.com/2013/06/22/character-building/ 

             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar